Pembinaan Kepramukaan dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan di Gugus Depan Teritorial Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang

Authors

  • iswandi iswandi STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Alwizra Alwizra STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • sesra budio STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Lasman Azis STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Novi Susanti STAI YAPTIP Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.103

Keywords:

Kebangsaan, Moral, Pengabdian Masyarakat, Kepramukaan

Abstract

Wawasan kebangsaan merupakan faktor penentu tentang identifikasi identitas warga negara dan merupakan cara pandang masyarakat terhadap negaranya. Lebih lanjut wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa dan warga negara tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-undang Negara Republik Indonesia. Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik dalam pembinaan generasi bangsa. Pembinaan wawasan kebangsaan merupakan hal yang urgen bagi generasi muda, untuk menghindari dekadensi moral kebangsaan.

References

Aminah, S. (2015). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Organisasi terhadap Keterampilan Sosial (Social Skill) SMK Negeri Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu Anggraeni Budi Utami, M. M. (2021). Tingkat Pengetahuan Wawawasan Kebangsaan Pembina Pramuka di Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 280.

Saraswati, R. E. (2017). Hubungan Partisipasi Ekstrakurikuler Pramuka dengan Keterampilan Sosial SMPN 1 Bansari. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Zunnurain. (2020). Peranan Pramuka dalam Membentuk Karakter Pancasilais di SMPN 1 Batukilang. Tamrinat : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran, 62.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

iswandi, iswandi, Alwizra, A., budio, sesra, Lasman Azis, & Susanti, N. (2022). Pembinaan Kepramukaan dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan di Gugus Depan Teritorial Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 82–85. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.103