Main Article Content

Abstract

Wawasan kebangsaan merupakan faktor penentu tentang identifikasi identitas warga negara dan merupakan cara pandang masyarakat terhadap negaranya. Lebih lanjut wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa dan warga negara tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-undang Negara Republik Indonesia. Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik dalam pembinaan generasi bangsa. Pembinaan wawasan kebangsaan merupakan hal yang urgen bagi generasi muda, untuk menghindari dekadensi moral kebangsaan.

Keywords

Kebangsaan Moral Pengabdian Masyarakat Kepramukaan

Article Details

How to Cite
iswandi, iswandi, Alwizra, A., budio, sesra, Lasman Azis, & Susanti, N. (2022). Pembinaan Kepramukaan dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan di Gugus Depan Teritorial Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 82–85. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.103

References

  1. Aminah, S. (2015). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Organisasi terhadap Keterampilan Sosial (Social Skill) SMK Negeri Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Rahayu Anggraeni Budi Utami, M. M. (2021). Tingkat Pengetahuan Wawawasan Kebangsaan Pembina Pramuka di Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 280.
  3. Saraswati, R. E. (2017). Hubungan Partisipasi Ekstrakurikuler Pramuka dengan Keterampilan Sosial SMPN 1 Bansari. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
  4. Zunnurain. (2020). Peranan Pramuka dalam Membentuk Karakter Pancasilais di SMPN 1 Batukilang. Tamrinat : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran, 62. DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v1i2.7