Pembinaan Kepramukaan dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan di Gugus Depan Teritorial Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang
DOI:
https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.103Keywords:
Kebangsaan, Moral, Pengabdian Masyarakat, KepramukaanAbstract
Wawasan kebangsaan merupakan faktor penentu tentang identifikasi identitas warga negara dan merupakan cara pandang masyarakat terhadap negaranya. Lebih lanjut wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa dan warga negara tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-undang Negara Republik Indonesia. Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik dalam pembinaan generasi bangsa. Pembinaan wawasan kebangsaan merupakan hal yang urgen bagi generasi muda, untuk menghindari dekadensi moral kebangsaan.
References
Aminah, S. (2015). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Organisasi terhadap Keterampilan Sosial (Social Skill) SMK Negeri Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu Anggraeni Budi Utami, M. M. (2021). Tingkat Pengetahuan Wawawasan Kebangsaan Pembina Pramuka di Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 280.
Saraswati, R. E. (2017). Hubungan Partisipasi Ekstrakurikuler Pramuka dengan Keterampilan Sosial SMPN 1 Bansari. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
Zunnurain. (2020). Peranan Pramuka dalam Membentuk Karakter Pancasilais di SMPN 1 Batukilang. Tamrinat : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran, 62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.