Main Article Content

Abstract

Pelaku UMKM dalam  kegiatan mengolah produk serta memasarkan produk mereka  , diperoleh informasi bahwa UMKM di Kabupaten Gowa tepatnya dikacamatan Pattallassang belum mampu secara optimal dalam melakukan promosi dan memasarkan produknya dengan berbasis digital, banyak dari pelaku UMKM dalam memasarkan produknya masih dalam system tradisional dengan menanti pembeli datang. Hal ini disebabkan karena kurangnya  sosialisasi, tentang bagaimana literasi mengenai memasarkan produk secara digital serta  pemahaman pentingnya pelaku UMKM melek digital. Kegiatan  ini  bermaksud  untuk memberikan informasi  dan pemahaman Literasi gital marketing  bagi pelaku UMKM  sehinggan nantinya para pelaku UMKM bisa melek Teknologi serta mereka dapat lebih  meningkatkan omset penjualan ketika memakai teknologi dalam memasarkan produknya. Tujuan yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini ialah pelaku UMKM  mampu  menggunakan teknologi dalam memasarkan produknya serta mengharapkan pelaku UMKM melek digital. Upaya konkrit yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui sosialisasi pemasaran digital UMKM di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.


            Metode pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan partisipatif. Metode penyampaian materi dalam bentuk ceramah. Bentuk ceramah digunakan pemateri untuk menyampaikan materi kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Perkembangan UMKM di Kabupaten Gowa  tidak luput dari berbagai masalah yang menghambat kegiatan usaha tersebut. Dari hasil wawancara dan kuisioner dengan pelaku usaha yang mengikuti kegiatan, diperoleh informasi bahwa UMKM yang dipimpinnya berkembang dengan baik, namun masih ada kendala yang harus diatasi. Peserta yang mendapatkan baik review materi yang disampaikan oleh pemateri maupun tambahan penjelasan dari tim dosen lainnya dengan harapan kegiatan ini mendapatkan tindaklanjut dalam bentuk yang lebih teknis yaitu dalam bentuk petunjuk teknis meningkat. Perkembangan UMKM berjalan dengan lancar dan kehadiran UMKM telah membawa banyak manfaat bagi masyarakat setempat. Sebagian besar pengusaha UMKM buruk dalam pemasaran digital. Ada beberapa kendala dalam menjalankan UMKM. Kapasitas tenaga kerja cenderung rendah, penjualan produk barang/jasa yang dihasilkan oleh UMKM yang terbatas, permodalan yang tidak mencukupi, belum adanya sistem akuntansi yang baik, dll. serta kurang pahamnya pelaku UMKM bagaimana memasarkan produk dengan berbasis Digital

Keywords

Pelaku UMKM Marketing Digital

Article Details

How to Cite
Hasbiyadi, H., Mus, A. M., Tanra, A. M. ., Siti Masyita, & Djamilah Saleh. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.107

References

  1. A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” Semin. Nas. Keuang. dan Bisnis IV, no. April 2015, pp. 327–337, 2015.
  2. S. Mas and A. Resources, “Kata Kunci : E-Bisnis, Penerapan E-Bisnis pada PT SMART, Tbk dan Analisis Penerapan E-Bisnis pada PT SMART, Tbk 1),” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. VI, no. 2, pp. 52–59, 2008.
  3. Supangat, F. H. Chandar, and A. Hermanto, “The design of e-learning applications by considering aspects of the user’s personality based on students take courses in humancomputer interaction,” MATEC Web Conf., vol. 154, 2018. DOI: https://doi.org/10.1051/matecconf/201815403009
  4. A. Hermanto, S. Supangat, and F. Mandita, “Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus : SIAKAD Politeknik XYZ,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 33, 2017. DOI: https://doi.org/10.20473/jisebi.3.1.33-39