Main Article Content

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit bagi sebagian besar siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran konvensional belum memberikan siswa gambaran nyata perihal materi-materi yang mereka pelajari, sebagai contoh materi Geometri. Oleh karena itu, perlu metode pembelajaran yang dapat mempermudah dan meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Pada bidang matematika, telah banyak penemuan-penemuan perangkat yang sangat membantu dalam mempermudah visualisasi materi matematika salah satunya yang paling banyak digunakan adalah perangkat GeoGebra. Prodi S1 Statistika Universitas Bengkulu memiliki sumber daya manusia yang cukup mumpuni dalam membina, membimbing dan melatih siswa-siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu untuk upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk membina dan membimbing siswa kelas XII dalam pengaplikasian GeoGebra untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang positif bagi siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang dapat dilihat dari hasil praktek dan juga kuesioner sesudah dilakukan pelatihan. Hasil kuesioner sesudah pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa paham dengan materi dan cara pengaplikasian GeoGebra.

Keywords

Geogebra Matematika SMA

Article Details

How to Cite
Agwil, W., Agustina, D. ., Setyo Rini, D. ., Dzakirah, Q. ., & Widyan Adha, F. . (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Geogebra. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.117

References

  1. Fahlberg-Stojanovska, L., & Stojanovski, V. (2009). Geogebra- freedom to explore and learn. Teaching Mathematics and Its Applications: An International Journal of the IMA, 28(2). DOI: https://doi.org/10.1093/teamat/hrp003
  2. Furner, J. M., & Marinas, C. A. (2007). Geometry sketching software for elementary children: Easy as 1, 2, 3. Eurasia Journal of Mathematics, Science & TechnologyEducation, 3(1), pp. 83-91. DOI: https://doi.org/10.12973/ejmste/75376
  3. Goos, M., Geiger, V., Forgasz, H., Bennison, A., & Dole, S. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003116585
  4. Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta : PPPPTK.
  5. Hohenwarter, M. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. (online), (http:// www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf), diakses 15 Mei 2017.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Capaian Nilai Ujian Nasional. Jakarta: Puspendik, Kemendikbud.
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusmenjar, Kemendikbud.
  8. Rusmining & Yuwaningsih, D. A. (2019). Modul Pelatihan Dasar GeoGebra. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.
  9. Susanta, A., Maulidiya, D., & Muchlis, E. (2014). The Inquiry Based Learning Assisted GeoGebra to Enhance Students Learning Out Comes in Geometry Transformation at Mathematics Education University of Bengkulu. Proceeding. International Symposium on Mathematics Education Innovation 26-30 November 2014, Yogyakarta, Indonesia..