Program Kampus Mengajar Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Sumber Daya Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.128Keywords:
Kampus Mengajar, , Pandemi Covid-19, Bantuan Pengajaran, Adaptasi Teknologi, Bantuan AdministrasiAbstract
Pelaksanaan program pengembangan mandiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Golongan I berencana memberikan pintu terbuka yang berharga kepada para siswa untuk menambah pemahaman dan menambah wawasan serta membantu dalam mendidik dan menambah pengalaman di sekolah dasar di tengah-tengah persaingan. covid-19. Salah satu akibat dari Covid-19 adalah terbatasnya kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa belum memahami apa yang ditelaah guru mengenai pelajaran yang disampaikan. Mitra pengabdian adalah SD Boarding School Al-Anshory Kota Cirebon. Metode pengabdian dilaksanakan cara pengamatan, interview dan penyimpanan data Program kegiatan yang dilangsungkan diantaranya membantu guru dalam mengajar, mengajarkan calistung, membantu dalam administrasi sekolah, adaptasi teknologi, mengelola perpustakaan, dan lain sebagainya. Semua program yang dilaksanakan disambut baik oleh pihak sekolah serta siswa di SD Al Anshory Boarding School
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah,
Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Arina, D., Mujiwati, E. S. ., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk
Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Andriani, T. (2015). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Jurnal Sosial Budaya, 7(2), 127–150. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930
Fahrudin, Abdul Rozak. 2020. Permasalahan dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Diakses tanggal 27 September 2021 dari https://sapos.co.id/2020/11/29/permasalahan-dan-solusi-pembelajaran-jarak-jauh-di- masa-pandemi-covid-19/. `
Hobbs, R. (2010). Digital and media literacy. A plan of action. In Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23, Nomor 5). The Aspen Institute Communications and Society Program One. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e31824e27c7
Mar’ah, N., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Michels, A., & De Graaf, L. (2017). Examining citizen participation: Local participatory policymaking and democracy revisited. Local Government Studies, 43(6), 875–881. https://doi.org/10.1080/03003930.2017.13657
Putria, H., Luthfi, H. M., & Din, A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid – 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 (4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.46 0
Pramata, R. & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 2020, pp. 49-59.
Rigianti, Henry Aditya. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD- an. Vol.7 (2) : 297-302.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid – 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6 (2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Wahyono, P. & Husamah, H.(2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1), 51-65.https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.