Program Kampus Mengajar Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Sumber Daya Sekolah

Authors

  • Mentari Putri Chaerunnisa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.128

Keywords:

Kampus Mengajar, , Pandemi Covid-19, Bantuan Pengajaran, Adaptasi Teknologi, Bantuan Administrasi

Abstract

Pelaksanaan program pengembangan mandiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Golongan I berencana memberikan pintu terbuka yang berharga kepada para siswa untuk menambah pemahaman dan menambah wawasan serta membantu dalam mendidik dan menambah pengalaman di sekolah dasar di tengah-tengah persaingan. covid-19. Salah satu akibat dari Covid-19 adalah terbatasnya kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa belum memahami apa yang ditelaah guru mengenai pelajaran yang disampaikan. Mitra pengabdian adalah SD Boarding School Al-Anshory Kota Cirebon. Metode pengabdian dilaksanakan cara pengamatan, interview dan penyimpanan data Program kegiatan yang dilangsungkan diantaranya membantu guru dalam mengajar, mengajarkan calistung, membantu dalam administrasi sekolah, adaptasi teknologi, mengelola perpustakaan, dan lain sebagainya. Semua program yang dilaksanakan disambut baik oleh pihak sekolah serta siswa di SD Al Anshory Boarding School

 

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah,

Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Arina, D., Mujiwati, E. S. ., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk

Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Andriani, T. (2015). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Jurnal Sosial Budaya, 7(2), 127–150. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930

Fahrudin, Abdul Rozak. 2020. Permasalahan dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Diakses tanggal 27 September 2021 dari https://sapos.co.id/2020/11/29/permasalahan-dan-solusi-pembelajaran-jarak-jauh-di- masa-pandemi-covid-19/. `

Hobbs, R. (2010). Digital and media literacy. A plan of action. In Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23, Nomor 5). The Aspen Institute Communications and Society Program One. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e31824e27c7

Mar’ah, N., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Michels, A., & De Graaf, L. (2017). Examining citizen participation: Local participatory policymaking and democracy revisited. Local Government Studies, 43(6), 875–881. https://doi.org/10.1080/03003930.2017.13657

Putria, H., Luthfi, H. M., & Din, A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid – 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 (4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.46 0

Pramata, R. & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 2020, pp. 49-59.

Rigianti, Henry Aditya. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD- an. Vol.7 (2) : 297-302.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid – 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6 (2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Wahyono, P. & Husamah, H.(2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1), 51-65.https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Chaerunnisa, M. P. (2023). Program Kampus Mengajar Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Sumber Daya Sekolah . LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.128

Issue

Section

Articles