Main Article Content

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan sebelumnya masih menggunakan metode manual. Metode tersebut membuat masyarakat enggan untuk mengurus dokumen kependudukan. Terdapat beberapa alasa masyarakat enggan untuk mengurus dokumen kependudukan yaitu prosedur yang berbelitbelit, menmbutuhkan banyak biaya (mencetak dokumen persyaratan dan transpotrtasi), antrian yang panjang, jumlah petugas yang tidak memadai, dan membutuhkan waktu yang lama. Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) bertugas membantu mengoptimalisasikan program Pemerintah Kota Surbaya yaitu Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan atau KALIMASADA. Pelaksanaan program KALIMASDA melalui pelayanan cetak ulang e-KTP memiliki metode yang digunakan, yaitu persiapan pelayanan, pengumpulan dokumen persyaratan, dan pelaksanaan pengurusan identitas. Pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan dipermudah dengan adanya aplikasi Klampid New Generation dan pelayanan jemput bola. Kegiatan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh penulis memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan saat ini dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya pengurusan adminitrasi kependudukan.

Keywords

MSIB Administrasi Kependudukan e-KTP

Article Details

How to Cite
Rahmawati, E., & Hertati, D. . (2023). Pelayanan Cetak Ulang E-KTP Rusak Di Kelurahan Gebang Putih Kota Surabaya. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–59. https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.132

References

  1. An Nisaa’ Budi Sulistyaningrum, Nurulita Artanti Nirwana, Dhiya Ratri Januar, & Nela Najwa Hilalia. (2022). Performa Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2771–2786. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.489 DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.489
  2. Anggela Putri, S. N. (2022). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid Di Kelurahan Nginden Jangkungan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1112–1117. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396 DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396
  3. Arma, F., Hamka, H., & Juharni, J. (2021). Peningkatan Pelayanan Ktp-Ektronik Melalui Inovasi Jemput Bola Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(2), 74–80. https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.384 DOI: https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.384
  4. Khaerunnisa, N., & Nofiyati. (2020). Web-Based Administration Population Service Information System Case Study of Sidakangen Village , Purbalingga. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 1(1), 25–32. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.1.9
  5. Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 10(3), 569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794 DOI: https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794
  6. Muhammad Fatur Rahman, Silvia Shyfa Azani, & Githa Putri Rengganis. (2022). Inovasi Aplikasi Alpukat Betawi Dalam Pelayanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Dki Jakarta. JISPENDIORA : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 19–32. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.30 DOI: https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.30
  7. Naryanto, R. F., Delimayanti, M. K., Faizal, M., & Arifin, A. (2023). Digital Media-Based Boarding Marketing Assistance for Residents in Bulustalan Village , Semarang City Pendampingan Pemasaran Tempat Kost Berbasis Media Digital Untuk Warga Di Kelurahan Bulustalan Kota Semarang. 7(2), 399–409. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.11509
  8. Septiyarini, D., & Pranaka, R. N. (2019). Implementasi Program Dan Pemanfaatan E-Ktp Yang Terintegrasi Di Kabupaten Sambas. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(1), 30. https://doi.org/10.31289/publika.v7i1.2173 DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v7i1.2173
  9. Sukamto, P. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  10. Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42 DOI: https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42
  11. Trisna, E., & Meirinawati, M. (2023). Analisis Penerapan Standar Pelayanan Publik Pembuatan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Surabaya. Publika, 1461–1474.
  12. Tui, F. P., Ilato, R., & Katili, A. Y. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 254–263. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.338 DOI: https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.338