Main Article Content

Abstract


Dalam memaksimalkan aktifitas pemasaran serta perluasan jangkauan terhadap promosi produk yang akan dipasarkan, salah satu platform digital yang efektif dan efisien saat ini digunakan adalah dengan cara menyediakan saluran promosi dan penjualan digital berupa website atau aplikasi mobile. Media digital seperti ini dapat memudahkan bagi pelaku usaha dalam mempromosikan produknya sekaligus memudahkan calon konsumen dalam menemukan produk yang diinginkan. Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat pemula (PMP) kemitraan BUMDES Puncak Abadi di desa Pucak, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dilaksanakan dengan metode pengembangan saluran promosi & penjualan berupa website BUMDES dipadukan juga dengan metode pelatihan berstruktur. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa kehadiran website BUMDES dapat memudahkan para mitra BUMDES dalam menawarkan kepada calon konsumen diluar Desa Pucak dimana selama ini penjualan produk BUMDES hanya ditawarkan kepada para masyarakat didesa sekitar dan keluarga. Adapun tingkat pengetahuan anggota mitra BUMDes setelah dilaksanakan pelatihan pengunaan aplikasi toko online tersebut mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 86,0 %.


Keywords

Pemasaran website bumdes

Article Details

How to Cite
Rifai, D. F., Sukarno, Z. ., & Satria, Y. . (2023). Optimalisasi Saluran Pemasaran Bumdes Pucak Berbasis Website Pada Desa Pucak, Kabupaten Maros. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 162–169. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.159

References

  1. Aris Susanto. (2013). PENGGUNAAN WEB SEBAGAI SALAH SATU PENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN
  2. PRODUK OLEH PERUSAHAAN KUSUMA AGRO INDUSTRI BATU. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2).
  3. Ayu Puspitasari, Nurfachanti Fattah, D. F. R. (2022). Pemberdayaan Komunitas Melek Jamban Sehat. 5, 3459–3464.
  4. Linwistin, L., Erwin, E., Syahrir, N., & Azis, A. (2022). Kekayaan Sumber Daya dan Kebudayaan Dalam
  5. Meningkatkan Perekonomian Umkm Kelurahan Baruga Dhua Kecamatan Banggae Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.261 DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.261
  6. Rifai, D. F., Data, M. U., & ... (2022). Penigkatan Pemasaran Hasil Produksi Bambu Berbasis Aplikasi BUMDes Sunggumanai di Desa Sunggumanai, Kabupaten Gowa. … Kepada Masyarakat …, 3(1), 375–383.
  7. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/353%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/353/293
  8. Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Duta Akbar, D., & Budiyono, P. (2021). Pelatihan E-Commerce Dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim Dan Dhuafa Al Alif 165. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 1(1), 38–45