Main Article Content
Abstract
Pemerintah Desa Katonsari Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warganya. Saat ini, pelayanan publik masih dilakukan secara manual yang mengakibatkan ketidakefektifan dan ketidakefisienan dalam pelayanan. Selain itu, sumber daya manusia di Desa Katonsari masih belum memiliki keterampilan teknologi informasi, sehingga perlu meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian Universtas Muhammadiyah Semarang memberikan solusi dalam bentuk "Smart Village Application" untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah Desa Katonsari. Tahapan kegiatan diawali dengan identifikasi kebutuhan desa dengan pendekatan wawancara, perancangan sistem smart village application, pelatihan penggunaan sistem, dan evaluasi terhadap kinerja dan keefektifan sistem. Sasaran kegiatan ditujukan kepada perangkat desa dan beberapa warga Desa Katonsari sejumlah 30 orang. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta kegiatan terlihat antusian dan puas terhadap program yang dilaksanakan. Hal tersebut didasarkan pada hasil survei kepuasan yang Tim pengabdian lakukan setelah selesai kegiatan.
Keywords
Article Details
References
- Bakri, R., Hartoto, H., & Astuti, N. P. (2020). Peningkatan Pengetahuan SDM Melalui Pendampingan Manajemen Data Sekolah Digital menggunakan Drive di G Suite for Education. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 56–59. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34 DOI: https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34
- Mustamiin, M., & Permana Putra, W. (2020). Pelayanan Elektronik Masyarakat Desa sebagai Penerapan Smart Village pada Desa Sleman Lor. Ikraith-Abdimas, 3(2), 1–7. Retrieved from file:///D:/Downloads/483-Article Text-674-1-10-20191112.pdf
- Nuraini, H., Larasati, E., Suwitri, S., & Nugraha, H. S. (2021). Pengembangan Smart Village Sebagai Upaya Menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Masa Pandemi Covid-19. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4), 862. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.777 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.777
- Nurjayadi, Nasution, T., Herwin, & Andesa, K. (2020). Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarakat Melalui Kegiatan Smart Village pada Desa Rimba Makmur Kabupaten Kampar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 140–151. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3224 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3224
- Perdana, A. P. (2021). Desa Sepakung yang Menolak Terkungkung. Kompas.Id. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/09/13/ficer-desa-sepakung-yang-menolak-terkungkung
- Prayogi, Y. R., Hardiansyah, F. F., Ramadijanti, N., Ahsan, A. S., & Erifani, U. (2020). Penerapan Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Mobile dengan Konsep Smart Village di Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 646–652. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3370
- Putrawan, G. E., Riadi, B., & Perdana, R. (2021). Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (TPB): Hilirisasi Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Independent dan Smart Village. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.33 DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.33
- Salim, M. B., Nugraha, A. L., & Awaluddin, M. (2018). Desain Aplikasi Peta Desa Katonsari, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Berbasis WebGIS. Jurnal Geodesi Undip, 7(2), 42–52.
- Yoraeni, A., Basri, H., & Puspasari, A. (2022). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan Mewujudkan Smart Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4–10. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655
References
Bakri, R., Hartoto, H., & Astuti, N. P. (2020). Peningkatan Pengetahuan SDM Melalui Pendampingan Manajemen Data Sekolah Digital menggunakan Drive di G Suite for Education. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 56–59. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34 DOI: https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34
Mustamiin, M., & Permana Putra, W. (2020). Pelayanan Elektronik Masyarakat Desa sebagai Penerapan Smart Village pada Desa Sleman Lor. Ikraith-Abdimas, 3(2), 1–7. Retrieved from file:///D:/Downloads/483-Article Text-674-1-10-20191112.pdf
Nuraini, H., Larasati, E., Suwitri, S., & Nugraha, H. S. (2021). Pengembangan Smart Village Sebagai Upaya Menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Masa Pandemi Covid-19. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4), 862. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.777 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.777
Nurjayadi, Nasution, T., Herwin, & Andesa, K. (2020). Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarakat Melalui Kegiatan Smart Village pada Desa Rimba Makmur Kabupaten Kampar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 140–151. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3224 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3224
Perdana, A. P. (2021). Desa Sepakung yang Menolak Terkungkung. Kompas.Id. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/09/13/ficer-desa-sepakung-yang-menolak-terkungkung
Prayogi, Y. R., Hardiansyah, F. F., Ramadijanti, N., Ahsan, A. S., & Erifani, U. (2020). Penerapan Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Mobile dengan Konsep Smart Village di Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 646–652. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3370
Putrawan, G. E., Riadi, B., & Perdana, R. (2021). Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (TPB): Hilirisasi Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Independent dan Smart Village. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.33 DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.33
Salim, M. B., Nugraha, A. L., & Awaluddin, M. (2018). Desain Aplikasi Peta Desa Katonsari, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Berbasis WebGIS. Jurnal Geodesi Undip, 7(2), 42–52.
Yoraeni, A., Basri, H., & Puspasari, A. (2022). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan Mewujudkan Smart Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4–10. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655