Smart Village Application untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Pemerintah Desa Katonsari Kabupaten Demak
DOI:
https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.161Keywords:
Desa Katonsari, Pelayanan publik, Smart village applicationAbstract
Pemerintah Desa Katonsari Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warganya. Saat ini, pelayanan publik masih dilakukan secara manual yang mengakibatkan ketidakefektifan dan ketidakefisienan dalam pelayanan. Selain itu, sumber daya manusia di Desa Katonsari masih belum memiliki keterampilan teknologi informasi, sehingga perlu meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian Universtas Muhammadiyah Semarang memberikan solusi dalam bentuk "Smart Village Application" untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah Desa Katonsari. Tahapan kegiatan diawali dengan identifikasi kebutuhan desa dengan pendekatan wawancara, perancangan sistem smart village application, pelatihan penggunaan sistem, dan evaluasi terhadap kinerja dan keefektifan sistem. Sasaran kegiatan ditujukan kepada perangkat desa dan beberapa warga Desa Katonsari sejumlah 30 orang. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta kegiatan terlihat antusian dan puas terhadap program yang dilaksanakan. Hal tersebut didasarkan pada hasil survei kepuasan yang Tim pengabdian lakukan setelah selesai kegiatan.
References
Bakri, R., Hartoto, H., & Astuti, N. P. (2020). Peningkatan Pengetahuan SDM Melalui Pendampingan Manajemen Data Sekolah Digital menggunakan Drive di G Suite for Education. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 56–59. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34
Mustamiin, M., & Permana Putra, W. (2020). Pelayanan Elektronik Masyarakat Desa sebagai Penerapan Smart Village pada Desa Sleman Lor. Ikraith-Abdimas, 3(2), 1–7. Retrieved from file:///D:/Downloads/483-Article Text-674-1-10-20191112.pdf
Nuraini, H., Larasati, E., Suwitri, S., & Nugraha, H. S. (2021). Pengembangan Smart Village Sebagai Upaya Menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Masa Pandemi Covid-19. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4), 862. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.777
Nurjayadi, Nasution, T., Herwin, & Andesa, K. (2020). Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarakat Melalui Kegiatan Smart Village pada Desa Rimba Makmur Kabupaten Kampar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 140–151. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3224
Perdana, A. P. (2021). Desa Sepakung yang Menolak Terkungkung. Kompas.Id. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/09/13/ficer-desa-sepakung-yang-menolak-terkungkung
Prayogi, Y. R., Hardiansyah, F. F., Ramadijanti, N., Ahsan, A. S., & Erifani, U. (2020). Penerapan Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Mobile dengan Konsep Smart Village di Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 646–652.
Putrawan, G. E., Riadi, B., & Perdana, R. (2021). Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (TPB): Hilirisasi Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Independent dan Smart Village. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.33
Salim, M. B., Nugraha, A. L., & Awaluddin, M. (2018). Desain Aplikasi Peta Desa Katonsari, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Berbasis WebGIS. Jurnal Geodesi Undip, 7(2), 42–52.
Yoraeni, A., Basri, H., & Puspasari, A. (2022). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan Mewujudkan Smart Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4–10. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.