Belajar Matematika Sambil Bermain Bersama Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.171Keywords:
Play, Learn, GASINGAbstract
The purpose of this activity is to improve students' numeracy skills by using fun methods. This activity starts from situation analysis,
activity design, socialization, implementation, and evaluation of activities. The result of this activity is that it can improve students'
numeracy skills. Students are faster in solving the problems given. The team hopes that tutoring activities like this can be carried out
sustainably in the future. Students gave a positive impression and requested that this teaching and learning activity be sustainable
because it really helped them in understanding basic concepts
References
Bundu, P. (2006). Strategi Pembelajaran (P. Bundu, Ed.). Universitas Terbuka.
Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika (Hariwijaya, Ed.). Tugupublisher.
Husnah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kepala Bernomor Struktur Terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MI Inayatullah Gasing.
Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 37. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330
Lestari, O. R., Tyas, A., Hardini, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, J., & Tengah, I. (2022). Keefektifan Metode Gasing dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Mulyawati, I., & Sarwinda, W. (2021). IbM Workshop Metode Matematika Gasing Bagi Guru SD Muhammadiyah Se Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 79–85. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37495
Nucifera, P., Yakob, M., & Setyoko, S. (2022). Pelatihan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6277
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam (Ramayulis, Ed.). Kalam Mulia.
Risdiyanto, R. (2021). Pengelompokan Berdasarkan Kemampuan (Ability Grouping) dan Dampaknya bagi Peserta Didik. Inovasi Kurikulum, 18(1), 73–81. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.36405
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.
Sudjana. (2002). Strategi dan Media Pembelajaran. Depdikbud.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia.
Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249
Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190
Wicaksana, M. F., Suparmin, S., Sudiatmi, T., & Muryati, S. (2021). Pendampingan peningkatan profesionalitas guru Bahasa Indonesia melalui literasi menulis artikel di jurnal ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3776
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.