Belajar Matematika Sambil Bermain Bersama Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah

Authors

  • Meryani Lakapu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng Universitas Katolik Widya Mandira
  • Irmina Veronika Uskono Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes Ovaritus Jagom Universitas Katolik Widya Mandira
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira
  • Kristoforus Djawa Djong Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.171

Keywords:

Play, Learn, GASING

Abstract

The purpose of this activity is to improve students' numeracy skills by using fun methods. This activity starts from situation analysis,
activity design, socialization, implementation, and evaluation of activities. The result of this activity is that it can improve students'
numeracy skills. Students are faster in solving the problems given. The team hopes that tutoring activities like this can be carried out
sustainably in the future. Students gave a positive impression and requested that this teaching and learning activity be sustainable
because it really helped them in understanding basic concepts

References

Bundu, P. (2006). Strategi Pembelajaran (P. Bundu, Ed.). Universitas Terbuka.

Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika (Hariwijaya, Ed.). Tugupublisher.

Husnah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kepala Bernomor Struktur Terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MI Inayatullah Gasing.

Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 37. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330

Lestari, O. R., Tyas, A., Hardini, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, J., & Tengah, I. (2022). Keefektifan Metode Gasing dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Mulyawati, I., & Sarwinda, W. (2021). IbM Workshop Metode Matematika Gasing Bagi Guru SD Muhammadiyah Se Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 79–85. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37495

Nucifera, P., Yakob, M., & Setyoko, S. (2022). Pelatihan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6277

Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam (Ramayulis, Ed.). Kalam Mulia.

Risdiyanto, R. (2021). Pengelompokan Berdasarkan Kemampuan (Ability Grouping) dan Dampaknya bagi Peserta Didik. Inovasi Kurikulum, 18(1), 73–81. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.36405

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.

Sudjana. (2002). Strategi dan Media Pembelajaran. Depdikbud.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia.

Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249

Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190

Wicaksana, M. F., Suparmin, S., Sudiatmi, T., & Muryati, S. (2021). Pendampingan peningkatan profesionalitas guru Bahasa Indonesia melalui literasi menulis artikel di jurnal ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3776

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Lakapu, M., Dosinaeng, W. B. N. ., Uskono, I. V., Jagom, Y. O., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2023). Belajar Matematika Sambil Bermain Bersama Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 154–161. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.171