Main Article Content

Abstract

Penuaan adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari, berjalan secara terus menerus, dan berkesinambungan. Selanjutnya akan mengakibatkan perubahan anatomis, fisiologis, dan biokimia pada tubuh, sehingga akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Penuaan seringkali diiringi dengan munculnya berbagai gangguan kesehatan, mulai dari gangguan metabolisme hingga penurunan daya tahan tubuh. Penurunan kondisi fisik pada lansia seperti kehilangan gigi, indera pengecap dan penciuman menurun, tidak mudah merasa lapar, mudah diare , sembelit dan kembung sangat mempengaruhi asupan makan atau daya terima terhadap makanan. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan di Desa Puuk wilayah kerja Puskesmas Plimbang Kabupaten Bireuen Aceh, yang diikuti oleh seluruh lansia yang ada di desa setempat. Dari hasil sosialisasi dan edukasi terlihat bahwa masyarakat terutama para lansia sangat antusias dalam mengikuti materi edukasi yang disampaikan dengan banyaknya pertanyaan untuk didiskusikan. Sebelum mendapatkan materi edukasi dari tim pengabdian, para lansia hanya memenuhi kecukupan gizi dengan mendengar dari issue yang beredar di masyarakat tentang makanan-makanan tertentu yang harus dikonsumsi dan harus dikurangi oleh lansia. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat khususnya para lansia mendapatkan informasi yang benar berkaitan dengan nutrisi yang tepat untuk pemenuhan gizi para lansia untuk meningkatkan kesehatan lansia.

Keywords

Nutrisi Gizi Lansia

Article Details

How to Cite
Fitria, I., Maritalia, D., Tambunan, H., Rahmadani, N. ., Turrahmi, A., Herdianti, P., & Fuada, S. (2023). Sosialisasi dan Edukasi Pengelolaan Nutrisi dan Gizi Untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 184–189. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.175

References

  1. Kemkes. (2023). Kebutuhan Gizi Lansia. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2354/kebutuhan-gizi-pada-lansia. Diakses 31 Oktober 2023.
  2. Nestle. (2023). Cukupkan Gizi Seimbang Dengan Makanan Sehat Untuk Lansia. https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/panduan-tips-gizi-lansia. Diakses 31 Oktober 2023.
  3. Fadila, Ihda. (2023). Panduan Lengkap Memenuhi Kebutuhan Gizi Lansia. https://hellosehat.com/lansia/gizi-lansia/panduan-memenuhi-kebutuhan-gizi-lansia/. Diakses 31 Oktober 2023.
  4. Kementerian Kesehatan RI. 2016. Buku Usia Tua. Jakarta: Direktorat Kesga Kementerian Kesehatan
  5. PUSDATIN 2017. Analisis Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  6. Par'i, HM, Wiyono, S. dan Harjatmo, TP 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta Selatan : Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
  7. Organisasi Kesehatan Kata. 2018. Penuaan dan Kesehatan
  8. Utomo., Mahendro Prasetyo. 2020. Buku Lanjut Usia, Yogyakarta : Badan Penelitian, Publikasi, dan Pendidikan Masyarakat (LP3M) UMY.