Main Article Content

Abstract

Matematika ialah mata pelajaran di Sekolah Dasar memberikan bekal kepada siswa untuk memiliki cara penyelesaian masalah berbeda dari kebanyakan orang sehingga kepercayaan diri terbangun sejak dini. Tangram bisa dipakai untuk meningkatkan cara berpikir matematis. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan di SD Kristen Kalam Kudus Merauke dengan dosen 8 orang, 32 siswa di kelas I dan didampingi oleh wali kelas serta kepala sekolah. Pelaksanaan PKM bertujuan membiasakan siswa berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah serta melihat kemmapuan berpikir kreatif dalam membuat berbagai bentuk berdasar bangun penyusun tangram. Metode yang dilaksanakan yakni pelatihan pembuatan tangram berbantu bangun datar. Hasil PKM untuk siswa yakni terlihat kemampuan berpikir kreatif siswa untuk membuat bentuk baru sesuai dengan kreasi, percaya diri saat mengemukakan pendapat ketika berdiskusi dalam kelompok menyelesaikan masalah pembuatan tangram dan memperlihatkan hasil diskusi dengan yakin. Selanjutnya, hasil yang didapat dari tim pelaksana PKM adalah membiasakan siswa untuk bekerjasama, menyederhanakan bahasa saat menjelaskan supaya bisa dimengerti siswa dengan baik lalu relasi bertambah.

Keywords

Bangun Datar, Tangram

Article Details

How to Cite
Astuti, A., Br Ginting, S. ., Boru Sinaga, S. ., Wong Lieung, K. ., Hanip, R. ., Nirthaa, E. . ., Puji Rahayu, D. ., Ngali Mahuze, . P. ., & Hanipah, S. . (2024). Pelatihan Pembuatan Tangram Berbantu Bangun Datar: Pelatihan Pembuatan Tangram Berbantu Bangun Datar. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.53860/losari.v6i1.214

References

  1. Andini, N., Aminah, M., & Handayani, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangram Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar. In Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1, pp. 27–37). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6256
  2. Astuti, Ginting, S. B., Mahuze, P. N., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Bergaya Belajar Visual. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(1).
  3. Astuti, Ginting, S. B., Suryani, D. R., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Matematis Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Rme Materi Jenis Bilangan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 408–414. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2870
  4. Astuti, Tembang, Y., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2023). Instrumen Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2307
  5. Astuti, Wong Lieung, K., Ngali Mahuze, P., Budi Waluya, S., Wardani, S., & Kudiai, D. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 139–145. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i2.2559
  6. Faniya, V. M., Karuniawati, A., & Nugroho, D. (2023). STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN TANGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 91–99.
  7. Ginting, S. B., Astuti, Jumiarsih, Ernawati, L., Raiihany, F. S., Warpini, & Kumalasari, N. F. (2023). Pelatihan Penggunaan Algoritma Euclid Dalam Perhitungan KPK Dan FPB Di Sd Inpres Jaya Makmur. 1(4). https://doi.org///doi.org/10.54066/jkb-itb.v1i4.825
  8. Guntur, M., Sholeha, H. H., Kurniawati, I., & Astuti. (2023). Analysis of Students ’ Critical Thinking Patterns on Critical Thinking Ability : The Case of Elementary School. 14(2).
  9. Mahyan. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Bervariasi Pada Siswa Kelas 1 Sd Seponti. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, IV(1), 52–62. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/40882
  10. Mufti, N. N., Pranata, O. H., & M, M. R. W. (2016). STUDI LITERATUR: TANGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI. Indept, 6(2), 20–21.
  11. Nugrohoningdyah, E. D. A., & Zuhdi, U. (2013). Pemanfaatan Media Benda Konkret Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11.
  12. Rahman, A. A., Fadillah, A., Asma, N., MS, A. H., Remme, B. V., Novrianti, Ramdhania, K. F., Astuti, Sinambela, M. H., Sa’adah, U., & Salsabila. (2023). Konsep Dasar Matematika SD (A. Yanto & N. Jhonez (eds.); 1st ed., Vol. 1). Getpress Indonesia.
  13. Riyanti, V., Yulita, & Angga, M. (2023). Pengaruh Media Tangram terhadap Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar di SD Negeri 07 Bantan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15710–15715.
  14. Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479
  15. Sirajuddin, Hamading, H., & Amelia, N. (2023). Penggunaan media tangram untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika kelas IV. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 79–92.