Pendampingan Penguatan Manajemen Bisnis UMKM Koja Di Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.53860/losari.v6i1.228Keywords:
business management, MSMesAbstract
UMKM Koja IM is a home industry that is active in the processing and selling of various crackers. The aim of course is to make the marketing process more effective and efficient. By making direct observations and conducting interviews. assisting in the production process, marketing, and financial reports. During this service, partners still experienced difficulties in production because all the equipment was still manual. We hope that this activity does not stop here but can be sustainable so that it can still help MSMEs in the region
References
Afriany, A. N., Suhartini, Y., Ardiyanto, F., Basri, A. I., & Ningrum, N. R. (2019). Pelatihan dan Pembinaan Penerapan Ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Klaten Selatan. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.
Anggoro, D., & Hasugian, H. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384-391.
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-26.
Bismala, L., & Handayani, S. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM.
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-84.
Harjoseputra, Yulius; SIDHI, Thomas Adi Purnomo. Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Usaha Kecil Menengah Untuk Pencatatan dan Pelaporan Transaksi Penjualan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, 5.5.
Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM sentra kerajinan batik Kabupaten bantul. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96-110.
Irawan, P. L. T., & Prilianti, K. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33-44.
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (onlinearketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.