Main Article Content

Abstract

UMKM Koja IM is a home industry that is active in the processing and selling of various crackers. The aim of course is to make the marketing process more effective and efficient. By making direct observations and conducting interviews. assisting in the production process, marketing, and financial reports. During this service, partners still experienced difficulties in production because all the equipment was still manual. We hope that this activity does not stop here but can be sustainable so that it can still help MSMEs in the region

Keywords

business management MSMes

Article Details

How to Cite
Yudianto, A. ., Supriatna Sonjaya , N. ., & Nurhayati, N. . (2024). Pendampingan Penguatan Manajemen Bisnis UMKM Koja Di Kabupaten Indramayu. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.53860/losari.v6i1.228

References

  1. Afriany, A. N., Suhartini, Y., Ardiyanto, F., Basri, A. I., & Ningrum, N. R. (2019). Pelatihan dan Pembinaan Penerapan Ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Klaten Selatan. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.
  2. Anggoro, D., & Hasugian, H. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384-391.
  3. Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-26.
  4. Bismala, L., & Handayani, S. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM.
  5. Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-84.
  6. Harjoseputra, Yulius; SIDHI, Thomas Adi Purnomo. Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Usaha Kecil Menengah Untuk Pencatatan dan Pelaporan Transaksi Penjualan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, 5.5.
  7. Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM sentra kerajinan batik Kabupaten bantul. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96-110.
  8. Irawan, P. L. T., & Prilianti, K. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33-44.
  9. Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (onlinearketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 125.