Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi Siswa Melalui Pelatihan Tiga Microsoft di SMA 1 Kembang Jepara

Authors

  • Ihsan Fathoni Amri Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Tiani Wahyu Utami Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Febrian Hikmah Nur Rohim Universitas Negeri Semarang
  • Zahra Aura Hisani Universitas Negeri Semarang
  • Oktaviana Rahma Dhani Universitas Negeri Semarang
  • Andri Suherdi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53860/losari.v6i2.238

Keywords:

Teknologi Informasi, Keterampilan Digital, Microsoft Office, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa kelas 11 di SMA 1 Kembang Jepara. Di era digital saat ini, kemampuan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint menjadi penting untuk keberhasilan akademis dan profesional. Namun, banyak siswa yang belum mendapatkan pelatihan yang memadai dalam penggunaan alat-alat ini, sehingga menghambat kemampuan mereka untuk memenuhi tuntutan dunia teknologi yang terus berkembang. Program ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan memberikan pelatihan intensif Microsoft Office yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menerapkan keterampilan ini dalam situasi nyata. Hasil survei kepuasan menunjukkan bahwa 45% siswa merasa sangat puas, 30% puas, 20% cukup puas, dan 5% kurang puas dengan pelatihan yang diterima. Hal ini mencerminkan keberhasilan program dalam memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Inisiatif ini menjadi model untuk mengintegrasikan pelatihan keterampilan IT praktis ke dalam kurikulum pendidikan.

References

Amri, I. F., Utami, T. W., Rilvandri, Q. P., & Suherdi, A. (2024). Sistem Pakar Tertib Administrasi

Kependudukan Desa Katonsari Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode Forward Chaining

Systems. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–10.

Aryati, S. R. I. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Microsoft Office PowerPoint

Untuk Meningkatkan Pembelajaran Di Smp Swasta 6 Muhammadiyah Lhokseumawe Dan Smp

Negeri 4 Lhokseumawe. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 149–

Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan Dan

Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel Pada Smu Swasta Dharmawangsa Medan. Abdikan:

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50–57.

Auliya, C., Handayani, O. W. K., & Budiono, I. (2015). Profil status gizi balita ditinjau dari topografi

wilayah tempat tinggal (studi di wilayah pantai dan wilayah punggung bukit kabupaten jepara).

Unnes Journal of Public Health, 4(2).

Effendi, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui

Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 1 Jaro. Jurnal

Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5(1).

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat,

masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan

profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya penguasaan literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru madrasah ibtidaiyah dalam menyiapkan siswa menghadapi revolusi industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95.

Jonathan, J., & Kusumawardani, R. (2022). Pelatihan Microsoft Excel Guna Meningkatkan Keterampilan

Di Bidang TIK Bagi Siswa Yayasan Panti Asuhan Media Kasih. Jurnal Pengabdian Masyarakat

TEKNO, 3(2), 91–97.

Monia, F. A., & Yuspita, Y. E. (2023). Implementasi IT dalam Kesiapan Sekolah Menghadapi Akreditasi

Sekolah. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(1), 95–102.

Nisa, K. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Bahasa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkat SMA Di Kota Padang. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan

Praktik, 7(2), 94–99.

Riwayadi, P. (2013). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan

Pendidikan Di Indonesia. Available at PLS-UM Database.Suparman, S., Srihidayati, G., & Adha, N. (2022). Pengenalan Bagian-Bagian Komputer dan Pengenalan Microsoft pada Siswa-Siswi Tingkat SMA. Abdimas Langkanae, 2(1), 11–14

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Fathoni Amri, I., Wahyu Utami, T. ., Hikmah Nur Rohim, F. ., Aura Hisani, Z. ., Rahma Dhani, O. ., & Suherdi, A. . (2024). Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi Siswa Melalui Pelatihan Tiga Microsoft di SMA 1 Kembang Jepara. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 131–139. https://doi.org/10.53860/losari.v6i2.238