Main Article Content
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter peduli sosial serta solusi untuk mengatasi hambatan penanaman karakter peduli sosial bagi Siswa SDN Genuk 01. Metode yang digunakan adalah adalah dengan metode partisipatif artinya mitra binaan secara aktif dilibatkan semua dalam semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan berupa ceramah, praktek, serta evaluasi yang disajikan secara bersamaan. Setelah kegiatan pelatihan, akan dilanjutkan kegiatan evaluasi sebagai bahan koreksi bagi penyelenggara. Hasil evaluasi ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi SDN Genuk 01 ini khususnya dalam karakter peduli sosial. Hasil dari pelatihan ini diharapkan warga SDN Genuk 01 memiiki karakter peduli sosial yang dapat dilihat dari cara santun dengan masyarakat, memiliki simpati dan empati kepada masyarakat sekitar
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi
Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2015. “Visi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”.
(http://-www.hamiddarmadi.blogspot.com/2013/0701/urgensi pendidikanpancasila-dan-kewarganegaraan.html). Diakses pada hari Senin tanggl 17 Oktober 2018 pukul 14:29 WIB. Darsinah dkk. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayatullah, M Furqon. 2013. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban dan
Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kurnia, Qomaruzzaman. 2012. Membangun Budaya Sekolah. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif.
Bandung: Pustaka Setia. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. 2017. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka
Cipta. Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
References
Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2015. “Visi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”.
(http://-www.hamiddarmadi.blogspot.com/2013/0701/urgensi pendidikanpancasila-dan-kewarganegaraan.html). Diakses pada hari Senin tanggl 17 Oktober 2018 pukul 14:29 WIB. Darsinah dkk. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayatullah, M Furqon. 2013. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban dan
Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kurnia, Qomaruzzaman. 2012. Membangun Budaya Sekolah. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif.
Bandung: Pustaka Setia. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. 2017. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka
Cipta. Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.