Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan guru Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Lubuklinggau dalam menyusun bahan ajar interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Canva dan Powtoon. Jumlah peserta kegiatan adalah 20 orang, terdiri dari guru kelas dan bidang
studi. Adapun metode pelaksanaan yaitu diskusi, ceramah dan demonstrasi. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan, yaitu angket berkaitan dengan pemahaman, keterampilan dan penerapan. Analisis data meggunakan pendekatan kuantiatif deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan hasil kriteria
sangat baik pada masing-masing aspek pemahaman konsep peserta dengan persentase sebesar 87,5%, sementara keterampilan dalam mengoperasikanaplikasi tersebut mencapai 84%, dan keinginan penerapan dalam pembelajaran menunjukkan hasil sebesar 88,66%. Hal ini menunjukkan bahwa para
guru berhasil menguasai materi dan keterampilan yang diajarkan, serta diharapkan dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di kelas

Keywords

bahan ajar interaktif canva powtoon sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Asri Purwasi, L., Refianti, R. ., Fauziah, A. ., Adha, I. ., & Alfian, D. . (2024). Workshop Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Aplikasi Canva dan Powtoon Bagi Para Guru DI SD Negeri 41 Kota Lubuklinggau. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 236–245. https://doi.org/10.53860/losari.v6i2.374

References

  1. Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 152–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900
  2. Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
  3. Baihaqi, W. M., Putri, A. D., Mutiara, D. A., Nursaddam, M., & Izzati, F. A. (2023). Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.263
  4. Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & Putri, K. E. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 160–174. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21788
  5. Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
  6. Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
  7. Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
  8. Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13.
  9. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
  10. Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87–99. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770
  11. Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif.
  12. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113.
  13. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
  14. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL SUNDERMANN, 12(2), 28–43.
  15. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
  16. Marta, R., Giatman, M., Maksum, H., & Hikmah, R. (2023). Media animasi Powtoon: meningkatkan literasi digital guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 952-957.
  17. Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), 28–32.
  18. Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53.
  19. Pinilih, F. W., Budiharti, R., & Ekawati, E. Y. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 23–27.
  20. Pratidhina, E. (2020). Education 4 . 0 : Pergeseran pendidikan sebagai konsekuensi revolusi industri 4 . 0. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29290.1-12
  21. Purwasi, L. A., Fitriyana, N., Jayati, R. D., Fitriani, L., & Irawan, B. P. (2024). Developing Interactive E-Modules Through Canva App (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_32
  22. Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School
  23. Teachers. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 2022.
  24. Rohmad. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Dan Penelitian. Purwokerto: ALIMEDIA
  25. Salmiyanti, Darmansyah, & Desyandri. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar Salmiyanti1*,. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11424–11429.
  26. Santiari, N. P. L., Ramayasa, I. P., Suwastika, I. W. K., Rahayuda, I. G. S., & Hermawan, D. (2023). Pelatihan
  27. Penggunaan Aplikasi Canva dan Powtoon sebagai Media Pembelajaran. Widyabhakti (Jurnal Ilmiah Populer), 5(3), 50–55. https://mail.widyabhakti.stikombali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/372%0Ahttps://mail.widyabhakti.stikombali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/372/234
  28. Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430–436.
  29. Umardulis, U. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 870–878. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7539
  30. Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Development of Interactive Digital Teaching Materials with a Contextual Approach in Microeconomics Theory Courses. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46