Main Article Content

Abstract

Pembangunan kapasitas sumberdaya manusia memiliki peran penting dalam pengembangan organisasi. Keberhasilan suatu lembaga atau organisasi sangat tergantung pada sumber daya manusia yang mengelolanya. Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk dapat memeperbaiki kinerja karyawan. Selain itu tujuan diselenggarakan pengembangan sumber daya manusia aparatur untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan.


Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan, yang selanjutnya disingkat BRPBAP3, merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan di bidang riset perikanan budidaya air payau dan penyuluhan perikanan, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala badan yang menangani riset kelautan dan perikanan serta pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan.Kendala yang dihadapi peneliti dilingkup ini masih minimnya pemahaman alat-alat analisis dalam mengelola data. Peningkatan sumber daya manusia BRPBAP3 dilakukan dengan memberikan kesempatan bagi peneliti untuk mengikuti berbagai pelatihan yang berkaitan dengan penelitian.


Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Sumber Daya Manusia di lingkup Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan, dilaksanakan pelatihan Pengolahan data statistik pada tanggal 7 Januari 2019 Pelatihan tersebut diikuti oleh para peneliti.

Keywords

Sumber Daya Manusia Statistika Perikanan

Article Details

How to Cite
Bakri, R., Tafsir, M., Astuti, N. P., & Razak, N. (2019). Bimbingan Teknis Peningkatan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Melalui Pendampingan Pengolahan Data Statistik. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53860/losari.v1i1.4