Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan bantuan bimbingan belajar TPQ kepada peserta didik sekolah dasar yang ada di desa Margamulya  kecamatan bumi agung kabupaten Lampung Timur, Kegiatan pengabdian ini dilakukan menggunakan metode persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dan luaran yang dicapai yaitu kegiatan bimbingan belajar yang kami lakukan tentunya berbeda dengan kegiatan bimbingan belajar TPQ pada umumnya. Selain tanpa biaya, kegiatan bimbingan belajar kami tidak hanya memprioritaskan aspek kognitif saja, namun kami juga berusaha melakukan bimbingan untuk aspek afektif dan aspek psikomotornya. Sehingga kegiatan bimbingan belajar tidak hanya menitikberatkan kegiatan belajar atau hafal menghafal terus menerus, namun kami mengusung konsep belajar santai. Sehingga peserta TPQ lebih merasa nyaman dan tidak tegang dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar al-qur’an dan iqro’ yang kami lakukan.

Keywords

bimbingan belajar TPQ

Article Details

How to Cite
Wardani, W., & Oktapia, N. (2021). Bantuan Bimbingan Belajar TPQ Nurulhuda di Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 45–50. https://doi.org/10.53860/losari.v3i2.46

References

  1. Aliwar. “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA).” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari 9, no. 1 (t.t.).
  2. Alucyana. “Pembelajaran Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini dengan Metode Mulyasar” 2 (t.t.): 35–44.
  3. Amiirohana Mayasari, Syamsul Hadi, dan Dedi Kuswandi. 2019. Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 4 Nomor 3 Bulan Maret Tahun 2019 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206
  4. Bety Agustina Rahayu dan Iman Permana. 2019. Bullying di Sekolah: Kurangnya Empati Perilaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol. 7 Nomor 3 Tahun 2019 DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246
  5. Goldweber, A., Waasdorp, T. E, dan Bradsway. 2013. Examining the Link Between Forms of Bullying Behaviors and perceptions of Safety and Belonging Among Secondary School Studets. Journal of School Psycology. Volume 51 No. 4 Tahun 2013 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsp.2013.04.004
  6. Ihsana Sabrina Barualogo, Hedi Wahyudi, dan Sulisworo Kusdiyati. Prediktor Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT) Vol. 8 Nomor 01 Tahun 2020 DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841
  7. Patras, Y.E., dan Sidiq, F. 2017. Dampak Bullying bagi Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Volume 6 Nomor 1 Tahun 2017
  8. Teguh Arafah Julianto. “Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ” 3, no. 1 (t.t.): 71–84.
  9. Titisa Ballerina dan Aria Saloka Immanuel. 2019. Menelisik Perilaku Perundungan pada Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 DOI: https://doi.org/10.25077/jip.3.1.18-31.2019
  10. Tucker, E dan Maunder, R. 2015. Helping Children to get along: Teachers Strategis for Dealing with Bullying in Primary Scholls. Educational Studies, Volume 41 Nomor 4. DOI: https://doi.org/10.1080/03055698.2015.1043980
  11. Rosen, L.H. DeOrnellas, K., dan Scott, S.R. 2017. Bullying in School. DOI: https://doi.org/10.1057/978-1-137-59298-9
  12. Yuanda Kusuma. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPA/TPQ di indonesia” 5, no. 1 (t.t.). DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520