Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1). Meningkatkan kemampuan mahasiswa PPL dalam menyiapkan media pembelajaran disaat pembelajaran daring dan luring; (2). Meningkatkan kemampuan mahasiswa PPL dalam menyusun strategi pembelajaran di saat pembelajaran daring dan luring; (3). Agar mahasiswa memiliki kemampuan dalam menganalisis dan memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat sesuai materi pembelajaran. Metode pelaksanaan yaitu dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, perancangan, pengembangan hingga uji coba terbatas.  Pembimbingan dan pendampingan yang dilakukan secara teknis dilapangan untuk setiap pengembangan media maupun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yaitu melakukan pembimbingan daring sebanyak 3 kali, dan memberikan pendampingan 2 kali secara luring. RPP yang dibuat sebanyak 5 RPP. Hal-hal yang dilakukan saat daring yaitu memberikan arahan bagaimana menganalisis kurikulum hingga menyiapkan perangkat pengajaran. Selanjutnya pendampingan secara daring dilakukan guna melihat proses perencanaan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Hasil yang didapatkan menunjukkan (1). Kemampuan mahasiswa PPL dalam menyiapkan media pembelajaran disaat pembelajaran daring dan luring berada pada kategori tinggi (2). kemampuan mahasiswa PPL Menyusun strategi pembelajaran di saat pembelajaran daring dan luring juga berada pada kategori tinggi, (3). Kemampuan mahasiswa PPL memilih strategi dan media pembelajaran yang tepat sesuai materi pembelajaran sudah baik.

Keywords

Pendampingan Pengembangan Media Ajar Strategi Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Mokere, R. M. (2021). Pendampingan Mahasiswa PPL dalam Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.53860/losari.v3i2.69

References

  1. Abdullah, R. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  2. Aqib, Z. (2017). Model-model, media, dan strategi pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Utama Widya.
  3. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  4. Djamarah , S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Fauzia, J. H., & Kurniawati, F. (2020). Efektivitas program pelatihan penetapan tujuan pada siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 1-6. DOI: https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p1-16
  7. Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 97-111. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515
  8. Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
  9. Rahmawati, S., Imawati, R., & Firmiana, M. (2017). elatihan Motivasi Bagi Siswa Kelas XI SMA dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional. Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 34-40. DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.252
  10. Riduwan. (2010). Skala Pemngukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  11. Rima, E. W. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  12. Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15-32.
  13. Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan (Jenis, metode dan Prosedur). Jakarta: Prenamedia Group.
  14. Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar . Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.
  15. Siregar, S. (2017). Metode Penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Alfabeta.
  16. Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  17. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.