Main Article Content

Abstract

Banyaknya PHK yang terjadi di beberapa perusahaan, akibat imbas serangan Covid-19 membuat beberapa orang harus berusaha keras untuk mendapatkan penghasilan. Penyesuaian pekerjaan era covid sejatinya membuat perubahan budaya beli tersendiri bagi masyarakat. Kabanyakan mereka sekarang beralih ke bisnis online, dan hidangan sehat siap saji berbentuk frozen layaknya semakin digandrungi oleh masyarakat. Kesibukan masyarakat menjadi sangat terbantu dengan adanya hidangan frozen yang cepat dalam memasak, serta higienis. Pengabdian Masyarakat yang diusulkan oleh TIM Teknik Industri UMG dengan mengambil tema Pengolahan Hasil Budidaya Lele siap saji, merupakan kelanjutan dari pengabdian sebelumnya, yang dulu bertemakan budidaya ikan dalam ember dengan media ikan lele. Hasil daripada ikan lele ini akan di dibuat vacuum frozen food. Seperti yang kita ketahui vacuum frozen food sekarang ini lumayan diminati oleh masyarakat perkotaan tak terkecuali Gresik. Gizinya yang dinilai masih normal serta cara pengolahan yang mudah tinggal digoreng atau diolah lain, membuat vacuum frozen merupakan salah satu pilihan dalam membuat menu santapan makanan. Setelah pengolahan dengan vacuum selesai, langkah berikutnya adalah pelatihan membuat design packaging makanan. Dari design ini diharapkan akan mendapatkan luaran yang siap jual langsung ke masyarakat. Sehingga masyarakat memperoleh pengolahan ikan lele dari hulu ke hilir. Hulu adalah bididaya ikan lele, lanjut ke pengolahan kemudian packaging siap jual.

Keywords

Lele Frozen Food Vacuum

Article Details

How to Cite
Dhartikasari Priyana, E., & Sudirdjo, P. . (2022). Pengolahan Hasil Budidaya Ikan Lele Siap Saji Dengan Metode Vacuum Frozen Siap Jual Pada PKK Yosowilangun. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 60–64. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.89

References

  1. Etika, Nimas. 2021. Apa Dampak Makan Frozen Food Setiap Hari? Hello sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/dampak-makan-frozen-food/(13 Agustus 2021)
  2. Nidia Zuraya. 2020. 967 Korban PHK di Gresik akan Diikutkan Kartu Prakerja. Nusantara.com. https://republika.co.id/berita/q8sae3383/967-korban-phk-di-gresik-akan- diikutkan-kartu-prakerja (14April 2020).
  3. Support. 2020. Mengenal Plastik Vacuum Nylon Untuk Kemasan Frozen Food. Dikemas. https://dikemas.com/plastik-vacuum-nylon-untuk-kemasan-frozen-food . (23 Juni 2020).
  4. Wijayanti, Efi. 2020. Plastik Vacuum Makanan: Kelebihan & Standar Mutu Yang Baik. Twinpack Indonesia. https://www.twinpackindonesia.com/plastik-vacuum/ (11 Agustus 2020).
  5. Hidayati, Khairina. 2021. Pahami Apa Itu Adobe Illustrator, Fitur-Fitur, Serta Harga. Glints : https://glints.com/id/lowongan/adobe-illustrator-adalah/. (19 April 2021)
  6. Risky Candra Swari. 2020. 5 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan yang Sayang Untuk Dilewatkan. HelloSehat.com. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-ikan- lele/#gref. 17 September 2020.