Main Article Content
Abstract
Efek pandemi Covid-19 menyasar pembelajaran di Perguruan Tinggi. Saat pandemi, pembelajaran dilakukan melalui sepenuhnya daring, namun ketika laju pandemi sudah mengalami penuruan, pembelajaran harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, yakni belajar menggunakan metode blended learning, yakni model pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Tujuan pengabdian ini adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan membuat pembelajaran yang komprehensif berbasis digital agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran daring dan luring secara bersamaan. Dosen dan Mahasiswa diberikan pelatihan mengenai media pembelajaran digital melalui LMS yang dapat menunjang pembelajaran Praktikum Perbankan dalam model blended learning. Metode pelaksanaan pengabdian akan dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pembelajaran metode blended learning melalui pelatihan LMS; terakhir, tahap monitoring dan evaluasi. Hasil yang diperoleh adalah (1) dosen Instruktur dan mahasiswa sudah mulai mahir menggunakan LMS, (2) pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik,
Keywords
Article Details
References
- Efendi, Y., Rio, U., Syaifullah, M., & Imardi, S. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif. 1(1), 1–3. Fatdha, T. S. E., Harianto, K., Riau, S. A.,
- Riau, S. A., Riau, S. A., & Riau, S. A. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu. 1(1), 1–5.
- Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
- Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
- Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
References
Efendi, Y., Rio, U., Syaifullah, M., & Imardi, S. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif. 1(1), 1–3. Fatdha, T. S. E., Harianto, K., Riau, S. A.,
Riau, S. A., Riau, S. A., & Riau, S. A. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu. 1(1), 1–5.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072