Main Article Content

Abstract

Efek pandemi Covid-19 menyasar pembelajaran di Perguruan Tinggi. Saat pandemi, pembelajaran dilakukan melalui sepenuhnya daring, namun ketika laju pandemi sudah mengalami penuruan, pembelajaran harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, yakni belajar menggunakan metode blended learning, yakni model pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Tujuan pengabdian ini adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan membuat pembelajaran yang komprehensif berbasis digital agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran daring dan luring secara bersamaan. Dosen dan Mahasiswa diberikan pelatihan mengenai media pembelajaran digital melalui LMS yang dapat menunjang pembelajaran Praktikum Perbankan dalam model blended learning.  Metode  pelaksanaan  pengabdian akan  dilakukan  dengan tiga  tahap,  yaitu  tahap  persiapan,  tahap  pembelajaran  metode  blended  learning  melalui  pelatihan LMS;  terakhir,  tahap monitoring  dan  evaluasi.  Hasil  yang  diperoleh  adalah  (1)  dosen Instruktur dan mahasiswa sudah mulai mahir menggunakan LMS,  (2)  pelaksanaan  pelatihan berjalan dengan baik,

Keywords

Blended Learning Learning Management System Praktikum Perbankan

Article Details

References

  1. Efendi, Y., Rio, U., Syaifullah, M., & Imardi, S. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif. 1(1), 1–3. Fatdha, T. S. E., Harianto, K., Riau, S. A.,
  2. Riau, S. A., Riau, S. A., & Riau, S. A. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu. 1(1), 1–5.
  3. Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
  4. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
  5. Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072