Main Article Content

Abstract

Kurangnya atas kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungannya yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, sehingga perlunya komitmen agar dapat meningkatkan kesadaran terhadap sikap peduli lingkungan, dan pemerintah berusaha mengaplikasikan pendidikan yang berwawasan lingkungan. Tujuan pengabdian ini digunakan agar mengetahui penanaman karakter sadar lingkungan di sekolah berwawasan lingkungan yang ada disekolah. Metode yang dipakai ialah metode Pendidikan masyarakat disekolah dan bertempat di SMA Negeri 1 Jetis, subjek pengabdian yang dipakai ialah kepala sekolah, tim adiwiyata, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Pemilihan sekolah memakai cara purposive sampling. Teknik pengabdian memakai teknik non test dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian analisis data menggunakan cara triangulasi data. Hasil pengabdian yang dilaksanakan di SMAN 1 Jetis mendapatkan hasil sangat memenuhi, dimana SMAN 1 Jetis memperoleh nilai akhir 94,74. Secara keseluruhan sekolah telah mendukung aktivitas iekolah berwawasan lingkungan, dan telah dipakai dalam proses pembelajaran, serta keikutsertaan warga sekolah, dan adanya minat dari masyarakat sekolah akanimemotivasi diri sendiri sehingga orang lain mau berbuat hal sama sehingga, sekolah dapat mencapai tujuan dari sekolah yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Keywords

Sikap Peduli Lingkungan Keterlaksanaan Sekolah Lingkungan Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Article Details

How to Cite
Amrullah, F., & Nurcahyo , H. . (2022). Implementasi Sekolah Berwawasan Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan di SMAN 1 Jetis. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 86–93. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.93

References

  1. Badan Lingkungan Hidup. (2016). Panduan Adiwiyata.
  2. De Young, R. (2000). New Ways to Promote Proenvironmental Behavior: expanding and evaluating motives for environmentally responsible behavior. Journal of Social Issues, 56(3), 509–526. https://doi.org/10.1111/0022-4537.00181 DOI: https://doi.org/10.1111/0022-4537.00181
  3. Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Implementasi kebijakan sekolah berwawasan lingkungan sebagai upaya mengembangkan literasi ekologis peserta didik. Sosio Didaktika, 4(2), 30–38.
  4. Ikhtiar, M. (2018). Pengantar Kesehatan Lingkungan (Issue July). CV. Social Politic Genius.
  5. Isnaeni, Y. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1, 166–172.
  6. Istiqomah. (2019). Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 6(2), 95. https://doi.org/10.31258/dli.6.2.p.95-103 DOI: https://doi.org/10.31258/dli.6.2.p.95-103
  7. Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41 DOI: https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41
  8. Narut, Y. F., i& Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
  9. Novitantia, R. (2016). Evaluasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan Pada Program Adiwiyatai Di Smp the Evaluation of Eco-Friendly Support Facilities and Infrastructure. Jurnal Hanata Widya, 37–48.
  10. Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan. Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3,i11–21. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011
  11. Prasetyo, ketut & H. (2018). Pendidikan Lingkungan Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.
  12. Rahman, A., Rasyid, M., & Ramli, R. M. (n.d.). Volume: 8 Nomor : 2 Bulan : Mei Tahun : 2022 Optimalisasi Fungsi Pekarangan dalam Memelihara Kelestarian Lingkungan di Desa Duampanuae Kabupaten Sinjai. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i2.716
  13. Ramdhani. (2013). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMPN 3 Sukabumi. Climate Change 2013 -The Physical Science Basis, 53(9), 1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4711
  14. Rimbano, D., & Rahma, M. (2019). Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3), 274–287. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i3.1876 DOI: https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i3.1876
  15. Sayekti, D. (2019). Manajemen Sekolah Dasar Berwawasan Lingkungan Hidup. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 49. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3180 DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3180
  16. Warju, Harto, S. P., Soenarto, Hartmann, M. D., i& Nurjannah, I. K. P. B. S. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(6), 1483–1501.