https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/issue/feedLOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2024-09-29T23:44:56+00:00Niken Probondani Astutijurnal@losari.or.idOpen Journal Systems<p><strong>LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Learning of Science and Research Innovation (LoSaRI). Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia, kesehatan, teknologi tepat guna, dan kesehatan.</p> <p><strong>LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat </strong>Terbit<strong> dua kali </strong>setahun yaitu Bulan <strong>Juni </strong>dan<strong> Desember </strong>dengan <strong>e-ISSN : <a title="ISSN" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2684-8678" target="_blank" rel="noopener">2684-8678</a></strong> dan <strong>p-ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2684-9887" target="_blank" rel="noopener">2684-9887</a></strong>. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebrluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email jurnal@losari.or.id</p>https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/220Penguatan Wisata Heritage Melalui Pelatihan Sapta Pesona dan Hospitalitas untuk Kusir Dokar di Denpasar2024-06-07T04:00:13+00:00Ida Bagus Ketut Soma Antarasoma.antara@ipb-intl.ac.id<p><em>The Training of Sapta Pesona and Hospitality for Dokar Drivers in Denpasar City aims to enhance the professionalism and service of dokar drivers in the Denpasar Heritage City Tour program. This goal is expected to provide a pleasant experience for tourists and address potential challenges during the tour. The training method involves collaboration between the Denpasar City Tourism Office and the International Tourism and Business Institute (IPB International), using face-to-face seminars as the main technique. A speaker from IPB International delivered material on Sapta Pesona and hospitality principles over a duration of 100 minutes to eight dokar drivers. The results of the activity showed an improvement in the dokar drivers' understanding of Sapta Pesona and its application in tourism services. The participants, most of whom did not have a formal educational background in tourism, demonstrated a good understanding of the elements of Sapta Pesona and were able to implement them, expected to enhance the quality of tourists' experiences in Denpasar.</em></p> <p><em> </em><em>Keywords; Sapta Pesona, cart driver, hospitality, heritage, Denpasar</em></p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/238Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi Siswa Melalui Pelatihan Tiga Microsoft di SMA 1 Kembang Jepara2024-09-03T04:37:03+00:00Ihsan Fathoni Amriihsanfathoni@unimus.ac.idTiani Wahyu Utamiihsanfathoni@unimus.ac.idFebrian Hikmah Nur Rohimihsanfathoni@unimus.ac.idZahra Aura Hisaniihsanfathoni@unimus.ac.idOktaviana Rahma Dhaniihsanfathoni@unimus.ac.idAndri Suherdiihsanfathoni@unimus.ac.id<p>Artikel ini membahas pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa kelas 11 di SMA 1 Kembang Jepara. Di era digital saat ini, kemampuan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint menjadi penting untuk keberhasilan akademis dan profesional. Namun, banyak siswa yang belum mendapatkan pelatihan yang memadai dalam penggunaan alat-alat ini, sehingga menghambat kemampuan mereka untuk memenuhi tuntutan dunia teknologi yang terus berkembang. Program ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan memberikan pelatihan intensif Microsoft Office yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menerapkan keterampilan ini dalam situasi nyata. Hasil survei kepuasan menunjukkan bahwa 45% siswa merasa sangat puas, 30% puas, 20% cukup puas, dan 5% kurang puas dengan pelatihan yang diterima. Hal ini mencerminkan keberhasilan program dalam memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Inisiatif ini menjadi model untuk mengintegrasikan pelatihan keterampilan IT praktis ke dalam kurikulum pendidikan.</p>2024-11-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/338Peningkatan Pemahaman Pelaku Usaha Mikro Kecil Mengenai Penghapusan Jaminan Fidusia Secara Online2024-09-20T02:49:46+00:00asmarani Ramliasmararamli@mail.unnes.ac.idSuhadi Suhadisuhadi@mail.unnes.ac.idIrawaty Irawatyirawaty@mail.unnes.ac.idDina Ristantidinaristanti@mail.unnes.ac.idAyup Suran Ningsihayupp@mail.unnes.ac.idHarumsari Puspa Wardhaniayupp@mail.unnes.ac.idTiara Aurora Aliaaliasantosa17@students.unnes.ac.idLubna Firdausa Hasnalubnafirda78@students.unnes.ac.idRadha Evi Nur Rizkiradha31evinurrizki@students.unnes.ac.id<p>Jumlah UMKM di Kabupaten Temanggung yaitu sebanyak 24.000. Batursari saat ini memiliki jumlah UMKM yang tergolong cukup banyak. Bidang usaha yang ditekuni kebanyakan masyarakat yaitu pedagang sembako dan makanan. Keberadaan para pelaku UMKM selain membuat lingkungan sekitarnya terlihat ramai, juga mampu meningkatkan perekonomian dan kondisi finansial desa. Permasalahan masih banyak para pelaku UMKM di wilayah Batursari, Kabupaten Temanggung yang belum mengetahui dan memahami tentang pentingnya penghapusan jaminan fidusia ketika utang telah lunas. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman penghapusan jaminan fidusia kepada para pelaku usaha UMKM dalam rangka memberikan kepastian hukum. Metode pengabdian yang digunakan adalah edukasi, workshop dan pendampingan. Edukasi mencakupi tata cara poses penghapusana jaminan fidusia secara online serta memberikan gambaran biaya yang perlu dikeluarkan dalam pengurusannya. Workshop digunakan untuk melakukan analisis permasalahan riil dan menyusun langkah-langkah penyelesaiannya. Pendampingan dilakukan untuk memastikan langkah-langkah penyelesaian berjalan sesuai rencana.</p>2024-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/348Merajut Pesona Desa Wisata Kerta melalui Pelatihan Hospitality, Bahasa Asing dan Pengembangan Website sebagai Strategi Promosi dalam Menyongsong Era 5.02024-09-23T03:09:33+00:00Putri Gita Ardiantari Ida Ayuidaayupugitaa@unmas.ac.idNi Made Dwi Puspitawatiidaayupugitaa@unmas.ac.idPutri Agung Permata Sariidaayupugitaa@unmas.ac.id<p>Desa wisata adalah desa yang memiliki daya tarik tertentu dan dikembangkan menjadi tempat wisata. Desa Wisata Kerta merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali yang terbentuk pada tahun 2019. Letak dan topografi desa yang sangat menguntungkan dan dengan potensi desa yang dimiliki dapat menjadi peluang wisata yang menjanjikan. Namun sangat disayangkan kehadiran Desa Wisata Kerta belum banyak diketahui oleh pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan kegiatan promosi desa yang dilakukan masih secara konvensional dan sederhana serta kemampuan sumber daya manusia dalam melayani wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara belum maksimal karena keterampilan berbahasa asing belum optimal. Untuk menanggulangi masalah ini, dilakukanlah kegitan Pengabdian kepada Masyarakat untuk membantu pengembangan Desa Wisata Kerta dengan meningkatkan promosi desa secara digital dan meningkatkan keterampilan masyarakat mengenai <em>hospitality</em> kepariwisataan dan bahasa asing. Giat pengabdian ini mencakup pelatihan <em>hospitality</em> pariwisata, pengajaran pengetahuan lintas budaya, pelatihan Bahasa Inggris dan Jepang, dan perancangan dan peluncuran website resmi Desa Wisata Kerta. Diharapkan, kegiatan ini dapat memperluas jangkauan promosi desa wisata sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.</p>2024-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat