LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari <p><strong>LoSaRI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Learning of Science and Research Innovation (LoSaRI). Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia, kesehatan, teknologi tepat guna, dan kesehatan.</p> <p><strong>LoSaRI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat </strong>Terbit<strong> dua kali </strong>setahun yaitu Bulan <strong>Juni </strong>dan<strong> Desember </strong>dengan <strong>e-ISSN : 2684-8678</strong> dan <strong>p-ISSN : 2684-9887</strong>. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebrluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email jurnal@losari.or.id</p> en-US jurnal@losari.or.id (Niken Probondani Astuti) niken@losari.or.id (Niken Probondani Astuti) Mon, 18 Jul 2022 12:58:09 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU SEDENTARI (SEDENTARY BEHAVIOR) DAN RISIKO TERJADINYA SINDROM METABOLIK PADA SANTRIWATI DI MASA PANDEMI COVID 19 https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/77 <p><em>Kegiatan di masyarakat telah berubah disebabkan adanya Pandemi COVID-19 salah satu diantaranya adalah berkurangnya aktivitas baik pada tatanan pendidikan, dan dunia kerja serta pada kehidupan sehari-hari dimasyarakat akibat adanya pembatasan aktivitas masyarakat. Beberapa kondisi yang menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik selama masa pandemi COVID-19 diantaranya adalah bekerja dari rumah (work from home), pembelajaran secara daring (online), pembatasan wakti operasional bidang usaha dan penutupan lokasi wisata, sehingga hal tersebut memicu masyarakat lebih banyak berada di rumah dan tentunya lebih banyak waktu untuk menggunakan gadget baik untuk keperluan pekerjaan, proses pembelajaran maupun pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan santriwati &nbsp;melalui kegiatan pendidikan kesehatan tentang faktor resiko sindrom metabolik dan perbaikan gaya hidup dengan menghindari kebiasaan sedentary lifestyle sebagai upaya pencegahan terjadinya sindrom metabolic. Metode: Metode pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pemberian pendidikan kesehatan tentang perilaku sedentari dan risiko terjadinya sindroma metabolic dengan cara Ceramah dan Tanya Jawab dilanjutkan dengan pengukuran Indeks Masa Tubuh (IMT). Simpulan: dari hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa responden dengan kategori Kelebihan berat Badan Tingkat Berat Sejumalah 2 orang (10%), dan responden dengan Kekurangan Berat Badan Tingkat Ringan yaitu&nbsp; 6 orang (30%), Kekurangan Berat Badan Tingkat berat sebanyak 4 orang (20%) sementara itu&nbsp; responden yang memiliki berat badan normal sebanyak 8 orang (40%).</em></p> Dewi Nur Purqoti, Zaenal arifin, Dian istiana, Ilham, Baiq Rulli Fatmawati Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/77 Mon, 18 Jul 2022 00:00:00 +0000 SOSIALISASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SMK DHARMA WANITA GRESIK UNTUK MENGHADAPIi REVOLUSI INDUSTRI 4.0 https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/82 <p><em>Tim pengabdian Prodi Teknik Informatika telah melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMK Dharma Wanita Gresik dengan tema sosialisasi Artificial Intelligence. Sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Untuk membantu pemahaman siswa, pembahasan dilakukan dengan cara membahas film-film populer di kalangan remaja yang melibatkan Artificial Intelligence. Dari hasil sosialisasi didapatkan bahwa pengetahuan siswa terhadap AI adalah baik.</em></p> Henny Dwi Bhakti Bhakti, Umi Chotijah, Agung Gumilang Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/82 Mon, 18 Jul 2022 00:00:00 +0000 PELATIHAN PRECEPTHORSHIP MODEL TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KLINIK https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/83 <p>Pembelajaran klinik keperawatan merupakan salah satu proses pendidikan keperawatan professional yang mengandung proses pendidikan akademik dan proses pendidikan profesional. Penerapan metode pembelajaran klinik sangat dipengaruhi oleh peran dari seorang pembimbing klinik (Preceptor). <em>Preceptorship </em>adalah suatu model pembelajaran di lahan praktik/klinik yang memasangkan peserta didik dengan praktisi yang berpengalaman. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan preceptor dalam memberikan pendampingan pada mahasiswa dan karyawan magang yang akan berpraktek di rumah sakit<em> .</em>Metode yang digunakan pelatihan dan diskusi online dengan jumlah peserta 50 orang secara daring dilakukan selama satu hari. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan preceptor meningkat setelah diberikan pelatihan preceptorship model dengan kenaikan rerata 40,2 didapatkan hasil rerata sebelum pelatihan 34,47 dan sesudah pelatihan didapatkan pengetahuan meningkat 74,67. Kegiatan pelatihan preceptorship dipersiapkan untuk mendampingi mahasiswa dan karyawan magang yang akan berpraktek klinik di rumah sakit hermina, sehingga dibutuhkan preceptor yang berkomitmen dan kompeten sehingga nantinya akan berdampak baik perguruan tinggi dan juga pada pelayanan keperawatan.</p> Zuriati Zuriati, Lisnadiyanti, Sofie Handajany Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/83 Fri, 22 Jul 2022 00:00:00 +0000 DIALOG AKSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM RANGKA PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI DESA TESBATAN, KEC. AMARASI, KAB. KUPANG https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/79 <p><em>Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di desa Tesbatan, Kec. Amarasi. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan moderasi beragama berbasis dialog aksi. Metode pelaksanaan menggunakan “Focus Group Discussion”. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman masyarakat tentang moderasi dan nilai-nilai moderasi beragama. Adanya respon positif yang ditunjukan dengan kesediaan masyarakat untuk menjadi agen penyebar nilai-nilai moderasi beragama.Meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang dapat diimplementasikan dalam rangka penguatan moderasi beragama.Adanya keterbukaan mengenai pengalaman hidup berdampingan antar agama di desa Tesbatan</em>.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> Marla Marisa Djami, Leryani Mince Maria Manuain, Osian Orjumi Moru, Trijuliani Renda, Andri Oktovianus Pellondou, Yandri Yusuf Cornelis Hendrik, Devi Novita Sheldena, Ferofianes Linda Tandjung, Fajery Arkiang Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/79 Wed, 20 Jul 2022 00:00:00 +0000 METODE STORYTELLING UNTUK PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DI PAUD https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/81 <p><em>Kekerasan seksual pada anak baik perempuan maupun laki-laki tentu tidak boleh dibiarkan. Kekerasan seksual pada anak dapat terjadi di mana saja dan kapan saja serta dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu anggota keluarga, pihak sekolah, maupun orang lain. Oleh karena itu, anak perlu dibekali dengan pengetahuan seksualitas yang benar agar anak dapat terhindar dari kekerasan seksual. Metode storytelling ternyata merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), sosial, dan aspek konatif (penghayatan) anak. Storytelling merupakan sebuah seni bercerita yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan tanpa perlu menggurui sang anak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Anggrek Kelurahan Munjul Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah Pre test dan Post test, storytelling dan simulasi senam pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak, dilakukan juga variasi kegiatan secara indoor melalui games agar penyampaian lebih menarik. Hasil dari kegiatan ini efektif, terlihat antusias peserta dalam mengikuti kegiatan. Peserta mampu menjawab pertanyaan dengan benar sebanyak 80% kemudian beberapa siswa dapat melakukan senam dan memimpin teman temannya. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara periodik sehingga lebih banyak lagi siswa yang teredukasi tentang pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak</em></p> Yulia Herawati Yulia, Nur Aini, Erny Elviany Sabaruddin Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/81 Thu, 21 Jul 2022 00:00:00 +0000 SOSIALISASI PEMBUATAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DIi UD. ASAFA JAMUR JOMBANG SEBAGAI STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/88 <table> <tbody> <tr> <td> <p>Tim pengabdian Program Studi Teknik Informatika telah melakukan pengabdian kepada masyarakat di UMKM yang bergerak di bidang budidaya dan olahan jamur tiram yaitu UD. Asafa yang berlokasi di dusun Katerban, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang dengan tema sosialisasi Website Online Shop Dan Media Sosial Instagram. Sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah dan dsikusi. Untuk membantu pemahaman pemilik usaha dan pegawai dalam hal ini admin, pembahasan dilakukan dengan cara mendemonstrasikan implementasi website untuk mendukung usaha sehingga meskipun pada masa pandemi Covid-19 tetap beroperasi. Dari hasil sosialisasi didapatkan bahwa pemilik usaha memahami dengan baik langkah-langkah operasional penggunaan website dan media sosial instagram.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Umi Chotijah, Henny Dwi Bhakti, Putri Aisyiyah Rakhma Devi, Azimaturrafi’ah Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/88 Fri, 29 Jul 2022 00:00:00 +0000 GERAKAN ASRI DAN BERSIH (LINGSRIH) SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH DI KAWASAN WISATA PANTAI PANJANG LINGKUNGAN https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/87 <p><em>Kebersihan lingkungan pantai menjadi salah satu hal penting agar pantai menjadi menarik di mata para pengunjung atau wisatawan. Namun, di pantai panjang kota bengkulu masih ditemukan sampah-sampah bertebaran. Sampah-sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga dan juga aktivitas pengunjung di pantai. Untuk menanggulangi hal tersebut salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dan dosen adalah dengan melakukan gerakan lingkungan bersih dan asri. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi sampah-sampah yang berserakan dan menimbulkan rasa peduli lingkungan. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan dapat dilihat mahasiswa dan beberapa masyarakat setempat sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan. </em></p> Winalia Agwil, Ulfasari Rafflesia, Ramya Rachamawati , Septri Damayanti Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/87 Fri, 29 Jul 2022 00:00:00 +0000 PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PRAKTIKUM PERBANKAN BAGI DOSEN DAN MAHASISWA https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/90 <p><em>Efek pandemi Covid-19 menyasar pembelajaran di Perguruan Tinggi. Saat pandemi, pembelajaran dilakukan melalui sepenuhnya daring, namun ketika laju pandemi sudah mengalami penuruan, pembelajaran harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, yakni belajar menggunakan metode blended learning, yakni model pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Tujuan pengabdian ini adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan membuat pembelajaran yang komprehensif berbasis digital agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran daring dan luring secara bersamaan. Dosen dan Mahasiswa diberikan pelatihan mengenai media pembelajaran digital melalui LMS yang dapat menunjang pembelajaran Praktikum Perbankan dalam model blended learning. &nbsp;Metode&nbsp; pelaksanaan&nbsp; pengabdian akan&nbsp; dilakukan&nbsp; dengan tiga&nbsp; tahap,&nbsp; yaitu&nbsp; tahap&nbsp; persiapan,&nbsp; tahap&nbsp; pembelajaran&nbsp; metode&nbsp; blended&nbsp; learning&nbsp; melalui&nbsp; pelatihan LMS;&nbsp; terakhir,&nbsp; tahap monitoring&nbsp; dan&nbsp; evaluasi.&nbsp; Hasil&nbsp; yang&nbsp; diperoleh&nbsp; adalah&nbsp; (1)&nbsp; dosen Instruktur dan mahasiswa sudah mulai mahir menggunakan LMS,&nbsp; (2)&nbsp; pelaksanaan&nbsp; pelatihan berjalan dengan baik, </em></p> Niken Probondani Astuti, Rizal Bakri Copyright (c) 2022 LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.losari.or.id/index.php/losari/article/view/90 Thu, 04 Aug 2022 00:00:00 +0000